Tujuh Langkah Menciptakan Interior Rumah Tahan Banjir

Musim hujan telah datang. Tandanya, kita harus bersiap menghadapinya. Salah satu masalah yang seringkali muncul saat hujan adalah banjir. Saat banjir melanda, banyak sekali tips untuk membangun hunian tahan banjir.

Memasuki tahun 2020, beberapa daerah mulai mengalami kebanjiran, terutama Jabodetabek. Saat banjir mulai surut, maka bukan hal aneh jika beberapa interior rumah mengalami kerusakan, mulai dari perabotan dinding hingga elektronik yang terendam.

Saat banjir mulai surut, maka jasa renovasi rumah bisa saja kebanjiran order untuk membantu merenovasi hunian.

Jika rumah anda berada di area rawan banjir, mungkin anda harus peka terhadap lingkungan sekitar dan anda  harus memiliki antisipasi jika suatu saat banjir melanda. Jangan sampai banyak perabotan dan hunian yang mengalami kerusakan akibat banjir.

Ada beberapa tips untuk mengatasi rumah yang kebanjiran. Caranya juga cukup mudah, diantaranya:

1. Ketinggian Hunian

Cara ini adalah cara yang paling aman untuk mengatasi rumah banjir. Jika memang hunian anda berada di dekat laut atau didaerah pesisisr, maka sebaiknya anda membangun hunian yang cukup tinggi. Anda dapat membangun rumah panggung. Tentunya anda harus memikirkan dengan benar bangunan ini, karena membutuhkan struktur yang kokoh.

2. Memilih Perabot Hunian Berbahan Kayu, Stainless, Besi, atau Plastik

Pemilik hunian tentu harus peka dengan lingkungan sekitar. Jika memang lingkungannya telah menjadi langganan banjir, maka akan lebih bijak jika pemilik hunian memilih perabotan bebahan dasar kayu, plastik, besi, atau stainless. Bahan-bahan tersebut merupakan bahan yang lebih tahan terhadap air.

Bisa juga memilih material kayu jati yang lebih tahan air jika dibanding jenis kayu lainnya. Anda bisa menggunakan material di atas untuk meja, kursi, pintu, dan perabot lainnya

3. Lemari Dan Rak Yang Lengkap Dengan Celah Bagian Bawah

Salah satu kesulitan yang dihadapi seseorang saat membersihkan sisa bajir adalah kesulitan menjangkau area sela meja atau lemari. Bahkan jasa renovasi rumah profesional pun akan kesulitan. Inilah pentingnya memiliki perabot dengan celah di bagian bawah agar mudah untuk dijangkau (disapu dan pel)

4. Berikan Roda Khusus Perabot Besar

Banjir bisa datang tak terduga. Dibutuhkan waktu yang cepat untuk mengevakuasi semua perabot. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya anda memilih perabot yang memiliki roda khusus untuk perabot berukuran besar agar bisa cepat dipindahkan ke area yang lebih aman.

5. Mengubah Posisi Stop Kontak Setinggi Pinggang Orang Dewasa

Banyak yang menempatkan stop kontak berada di bawah, padahal ini sangatlah rawan dan bisa menyebabkan terjadinya konsleting listrik. Agar aman, sebaiknya letakkan stop kontak di atas pinggang orang dewasa, lalu jika banjir matikan aliran listrik di rumah anda.

Jika memang stop kontak sudah terlanjut dipasang di bawah, maka gunakan stop kontak model tutup. Selain ramah banjir,stop kontak model ini juga ramah anak.

6. Memilih Cat Warna Hitam Untuk Mengecat Tembok Bagian Bawah

Genangan banjir biasanya disertai dengan lumpur yang cukup merepotkan dan membuat tembok kotor. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya anda memilih cat hitam untuk mengecat tembok bagian bawah. Dengan warna tembok yang hitam, maka tembok menjadi tak mudah kotor. Anda maupun jasa renovasi rumah yang membantu akan mudah membersihkannya.

7. Memilih Cat Waterproof

Cat waterproof dibuat khusus menggunakan formula yang melindungi dinding kamar mandi atau basement dari kebocoran maupun lembab berlebih. Cat waterproof sangat cocok digunakan pada ruangan yang rentan mengalami kebocoran, seperti basement.

Berikut beberapa Tips yang dapat kami sampaikan, Jika anda kesulitan dan membutuhkan konsultasi dari arsitek ahli, silakan berkunjung ke Rumaharsitek.id yang merupakan penyedia layananan jasa renovasi rumah

 

Salam,


Rumaharsitek.id

 

module = detartikel2