Panduan Wajib Sebelum Proses Renovasi Kamar Mandi

Renovasi kamar mandi adalah salah satu renovasi yang mungkin saja menyenangkan, namun sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu memilih jasa renovasi rumah untuk merenovasi kamar mandi anda, maka ada beberapa hal menarik yang patut anda pertimbangkan. Merenovasi kamar mandi bisa saja melelahkan, menyita waktu, dan mahal tentunya.

1. Anggaran

Anggaran adalah acuan untuk sebuah proyek. Anda maupun jasa renovasi rumah akan terbantu dengan adanya anggaran ini dari membeli barang yang tidak penting. Anda akan dilatih membuat keputusan mengenai perombakan apa saja yang nantinya akan dilakukan dengan budget yang dianggarkan setelah dialokasikan untuk tenaga kerja.

2. Waktu

Tak sedikit orang beranggapan bahwa renovasi kamar mandi hanya memakan waktu beberapa hari saja, terlebih jika kamar mandinya kecil tentu waktu yang dibutuhkan semakin sedikit. Hal ini nampaknya perlu dipertanyakan kembali, karena cepat dan tidaknya sebuah proyek tergantung pada berapa banyak barang yang akan anda ganti di kamar mandi anda. Tak hanya itu saja, jika anda memesan ubin dengan warna khusus dan langka,  maka anda harus menunggu ubin tersebut datang. Ini juga berlaku jika kamar mandinya hanya satu. Jika huniannya memiliki beberapa kamar mandi tentu waktu yang dibutuhkan akan semakin banyak.

 3. Urutan kerja

Saat merenovasi kamar mandi, anda harus berhati hati. Pastikan jasa renovasi rumah pilihan anda memulai proses renovasi dari langit-langit, tembok, dan diakhiri dengan lantai untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kamar mandi.

4. Masalah tersembunyi

Anda juga harus bersiap seandainya nanti ada masalah-masalah tersembunyi yang terjadi, seperti kerusakan pipa, keran yang berkarat, dan masalah lainnya. Masalah tersebut bisa saja terjadi akibat usia bangunan yang terlampau tua, sehingga wajar jika terjadi masalah tersebut.

5. Gaya desain dan fungsi

Saat pertama kali ingin merenovasi kamar mandi, cobalah mulai memikirkan ingin seperti apa tampilan kamar mandi anda. Banyak sekali hal yang harus anda pikirkan, mulai dari warna cat, pilihan ubin, meja, pancuran, dan sebagainya. Mulailah dengan beberapa penelitian dan satukan elemen yang anda sukai hingga jadilah desain akhirnya.

Selanjutnya, desain harus bekerja bahu membahu dengan fungsinya. Pertimbangkan siapa yang nantinya akan menggunakan kamar mandi, lalu bagaimana jika rumah tersebuat akan dijual kembali nantinya. Apakah cocok dengan furnitur lama atau gaya desain yang lama?

6. Pengukuran

Banyak batasan-batasan ukuran didalam kamar mandi walaupun ruangan ini sempit, mulai dari peletakan pipa ledeng, kabel listrik, dan sebagainya. Karena itu, pastikan anda memiliki pengukuran dan spesifikasi yang benar saat anda pergi ke toko. Akan lebih frustasi jika anda pergi ke toko tanpa membawa ukuran yang jelas.

7. Kontraktor

Mungkinkah menyewa kontraktor atau jasa renovasi rumah untuk kamar mandi?  Mungkin saja. Karena mengingat rumitnya area kamar mandi karena banyak sekali sambungan pipa dan listrik yang beresiko jika ditangani sendiri. Anda akan terhindar dari kesengsaraan

8. Perlengkapan dan fitur perpipaan

Tidak ada renovasi rumah yang lengkap tanpa perbaikan fitur. Cobalah periksa shower, bathub, toilet, wastafel, dan sebagainya. Anda juga harus memperbarui cermin dan pintu jika perlu. Tak perlu kesleuruhan, dengan mengubah gagang pintu, keran dan shower box saja sudah bisa membuat kamar mandi anda tampil cantik.

9. Pencahayaan

Kamar mandi dapat berbahaya jika didesain tanpa pencahayaan yang memadai sehingga rencanakan pencahayaan desain yang fungsional dan juga mampu menciptakan suasana. Rencanakan untuk memaksimalkan cahaya alami terlebih dahulu, sedangkan untuk cahaya buatan disarankan Anda harus memiliki pencahayaan pijar minimal 4 watt per kaki persegi.

module = detartikel2