Miliki Taman Surga di Atas Rumah Anda dengan Layanan Jasa Pembuatan Taman di Jakarta

Memiliki taman di pekarangan rumah adalah impian setiap keluarga. Anda dan keluarga dapat menikmati kebersamaan bersama keluarga dan menghabiskan waktu dengan hanya sekedar mengobrol disana. Namun bagaimana jadinya jika halaman anda tergenang banjir? Apalagi jika anda tinggal di daerah yang rawan terkena banjir saat musim hujan. Tentu hal ini sangatlah tidak nyaman, belum lagi jika taman yang telah kita rawat dan kita bangun harus rusak karena banjir. Solusi terbaik untuk anda yang mengalami kegelisahan semacam ini adalah dengan membangun taman diatas rumah. Rumaharsitek.id yang merupakan penyedia jasa pembuatan taman di Jakarta mempunyai tips yang bisa anda lakukan untuk mewujudkan keinginan anda memiliki roof garden atau taman di atas atap, berikut rangkumannya:

1. Mempersiapkan Lokasi Taman

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah mempersiapkan lokasi untuk membangun taman di atas atap. Jika bagian atas rumah anda berupa dak beton, hal ini akan memudahkan anda. Namun, tidak ada patokan baku terkait luasan taman yang akan anda bangun. Hal yang harus anda perhatikan adalah, ruang kecil seperti balkon rumah dan akses menuju taman. Akses untuk menuju ke roof garden di rumah anda dapat menggunakan tangga konfensional atau tangga berwujud spiral, semua tergantung selera dan kenyamanan anda.

2. Membuat Konsep Taman

Langkah berikutnya setelah mendapatkan lokasi adalah menentukan konsep. Konsep taman yang menggantung atau hidroponik cocok untuk lokasi yang memiliki ukuran relatif sempit. Jika anda memiliki ruang yang cukup alangkah baiknya anda membentuk taman dengan konsep multifungi, bisa anda gunakan sebagai taman, ruang santai keluarga, ruang tamu opsional atau bahkan sebagai salah satu cadangan ruang kerja jika ada pekerjaan yang harus anda bawa pulang dan selesaikan di rumah.

3. Memberi Lapisan Anti Air

Walaupun bagian atas rumah anda berupa padatan beton, hal ini belum tentu cukup untuk menahan rembesan air. Menambahkan lapisan anti air adalah solusi yang tepat. Dengan menambahkan insulasi pada bagian atap menggunakan semen khusus tahan air, hal ini dapat mengatasi rembesan air dari taman anda.            

4. Cukupi Kebutuhan Air Tanaman Anda

Tanaman membutuhkan air untuk bertahan hidup. Untuk tetap menjaga tanaman anda terawat dan mendapatkan pasokan air yang cukup. Dengan menggunakan pot sebagai media tanam, anda bisa tetap memantau pasokan air pada tanaman anda. Lebih baik lagi jika di bawah pot diberikan wadah untuk rembesan air yang keluar seperti drainage cell yang memang dirancang khusus untuk mengantisipasi keluarnya air dari media tanam.

5.  Pilihlah Media Tanam yang Tepat

Pemilihan media tanam tentunya menyesuaikan kebutuhan anda. Menggunakan pot dan material bekas seperti kaleng cat adalah adalah cara termudah jika anda ingin membangun taman di atas rumah. Untuk anda yang menginginkan konsep taman hydroponic, anda dapat menggunakan pipa PVC. Jika anda ingin membuat taman berupa petakan tanah, pastikan sistem drainase, perairan dan lapisan anti air sudah terpasang dengan benar.

6. Tentukan Jenis Tanaman yang Anda Inginkan

Jasa pembuatan taman di Jakarta menyarankan di taman haruslah selalu ada bunga. Namun hal ini tidak selalu berlaku untuk semua orang. Bagi anda yang repot merawat bunga dan alergi terhadap serbuk sari dari bunga, anda dapat menanam tanaman jenis dedaunan seperti gelombang cinta untuk menghiasai taman anda. Selain menanam tanaman dedaunan, anda juga dapat membudidayakan tanaman buah, sayur hingga apotek hidup pada taman impian anda.

Keenam poin di atas adalah poin utama yang harus diperhatikan sebelum membuat roof garden di rumah anda. Jika anda kesulitan dan membutuhkan konsultasi dari arsitek ahli, silakan berkunjung ke Rumaharsitek.id yang merupakan penyedia layananan jasa konsultasi dan jasa pembuatan taman di Jakarta.

 

Salam,

 

Rumaharsitek.id

module = detartikel2