Manfaat Pemasangan Insulasi Atap yang Disediakan oleh Jasa Renovasi Rumah di Jakarta

Indonesia adalah negara beriklim tropis yang memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Selain kedua musim tersebut Indonesia juga memiliki musim pancaroba, dimana yang dimaksud adalah musim peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan atau sebaliknya. Sebenarnya tidak ada yang salah akan hal itu, namun letak geografis Indonesia yang tepat berada di sumbu katulistiwa dan terhimpit diantara dua samudra (samudra hindia dan samudra pasifik) memberikan dampak yang cukup besar terhadap musim di Indonesia.

Problem yang sering kita hadapi adalah merasakan panas berlebih ketika musim kemarau serta udara dingin di musim hujan, belum lagi ditambah dengan masalah atap yang bocor dan kelembaban udara. Pemasangan AC (air Conditioner) pada rumah mungkin adalah solusi yang bagus. Namun sayangnya anda harus mengeluarkan biaya tambahan setiap bulan untuk biaya listrik serta emisi yang dikeluarkannya. Sebenarnya ada solusi yang lebih tepat untuk kondisi iklim di Indonesia yaitu dengan memanfaatkan jasa renovasi rumah di Jakarta yang menyediakan jasa pemasangan Insulation Roof (insulasi atap), berikut rangkumannya:

 

1. Pengertian Insulasi Atap

Insulasi atap adalah suatu material tambahan yang berfungsi untuk mengurangi rambatan panas dari matahari. Bentuk dari insulasi atap ini berupa lembaran yang umumnya berwarna perak keabu-abuan. Pemasangan Insulation atap diletakan di bawah genteng atau atap rumah. Namun juga dapat dipasangkan pada plafon rumah anda. Insulasi atap dirancang kuat, sehingga beberapa produsen atau mengklaim produknya mampu bertahan hingga lebih dari 40 tahun. Selain kuat, insulasi atap memiliki beban yang ringan yang tidak akan mempengaruhi beban mati bangunan rumah anda.

2. Insulasi Atap Sangat Efektif Melawan Iklim Panas Indonesia

Pemasangan insulasi atap di rumah anda berpotensi menjadikan rumah anda lebih sejuk. Selain melindungi dari hujan dan badai, insulasi atap bekerja sebagai pengurai rambatan panas dari matahari namun tidak melepaskannya ke udara, sehingga sangatlah aman untuk lingkungan. Dengan mengurangi rambatan panas, otomatis suhu di dalam rumah anda dapat berkurang dan menjadikan rumah anda menjadi sejuk. Dengan kombinasi sirkulasi udara yang bagus dalam rumah anda, pemasangan insulasi atap dapat mengurangi panas yang disebabkan oleh matahari di rumah anda hingga 90%.

3. Insulasi Atap adalah Material Anti Bocor dan Peredam Suara.

Hujan tidak hanya membawa masalah udara dingin dan air. Jika hujan dengan intensitas sedang bahkan lebat menerjang rumah anda, tetesan air pada genteng dapat membuat suara yang bising dan terkadang menggangu kenyamanan anda di rumah. Material dari insulasi atap sangatlah padat dan anti air, sehingga pemasangan material insulasi atap dapat mencegah kebocoran dari atap saat musim hujan tiba.  Udara dingin yang sering kali terbawa masuk ke rumah saat musim hujan juga dapat terhalau. Hal ini dikarenakan, insulasi atap dapat mempertahankan suhu serta kelembapan udara di ruangan rumah anda. Selain padat dan anti air, insulasi atap juga memiliki memiliki sifat akustik yang baik, jadi pemasangan insulasi atap dapat memberikan kenyamanan ekstra saat hujan lebat menerjang rumah anda.

4. Dengan Melakukan Insulasi Atap, Anda juga Berpartisipasi Melindungi Bumi

Dengan mengurangi penggunaan AC (air conditioner) dirumah anda dan menggantikan perannya menggunakan insulasi atap, berarti anda telah mengurangi emisi negatif seperti jejak karbon dan bahan bahan kimia yang dikeluarkan akibat dampak penggunaan AC. Bahan material yang digunakan bermacam macam, diantaranya, menggunakan daur ulang plastik, namun ada pula yang menggunakan serat wool domba atau menggunakan rami. Dimana hal tersebut sangat ramah lingkungan.

Dengan memahami 4 manfaat di atas, tidak perlu ragu lagi, langsung saja anda mencari jasa renovasi rumah di Jakarta yang bisa anda temukan di Rumaharsitek.id.

module = detartikel2