Cara Cerdas Menghindari Stress Saat Renovasi Rumah

Mungkin anda beranggapan jika anda ingin merenovasi rumah, serahkan saja kepada jasa renovasi rumah. Memang bisa, namun bukan berarti masalah anda selesai, karena anda harus tetap mengawasi dan harus bersiap seandainya nanti dalam proses renovasi terdapat masalah.

Sangat bohong jika proses renovasi rumah tidak menimbulkan stress. Bagaimanapun anda harus tetap bijak mengatasi stress yang muncul, karena anda harus berpikir jernih dan mengawasi proses renovasinya. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi stress, diantaranya :

1. Memperjelas anggaran

Sebelum memilih jasa renovasi rumah, sebaiknya anda memastikan dahulu berapa anggaran yang nantinya akan dikeluarkan. Anggaranmenjadi hal yang harus didiskusikan pertama kali dengan keluarga atau pasangan anda. Berapa banyak tabungan anda atau anda akan meminjam sebagian dari bank?

Anggaran yang jelas dapat menjadi acuan untuk sebuah proyek agar dana yang dikeluarkan tidak melebihii budget.

2. Memilih jasa renovasi rumah terbaik

Bagus dan tidaknya sbeuah renovasi dipengarhi beberapa faktor dimana jasa renovasi rumah menjadi salah satunya. Apakah anda telah memiliki warna favorit untuk ruangan anda? Tak lupa tambahkan detai pada hunian anda? Tentu anda harus menggunakan jasa renovasi rumah yang mempu mengerjakan detail keseluruhan.

Saat ini banyak jasa renovasi rumah yang asal-asalan saja dan kurang profesional dan tak sanggup memenuhi permintaan kliennya. Jadi pastikan pilihan anda tepat ya.

3. Mengelompokkan proses

Saat proses renovasi rumah memakan banyak pikiran dan tenaga, maka anda tak boleh membiarkannya berlalu begitu saja. Anda harus turut serta dengan melakukan hal kecil, seperti mengelompokan. Misalnya saja hari ini fokus lantai dahulu, besok mengecat. Dengan begitu, selain lebih teratur anda juga memiliki rencana. Jasa renovasi rumah profesional biasanya memiliki timeline waktu sendiri kapan pekerjaannya harus segera selesai.

4. Menggunakan waktu liburan

Saat anda memiliki waktu liburan, maka saatnya anda memanfaatkan kesmepatan liburan anda untuk melakukan renovasi rumah, namun ada baiknya anda tetap harus mengawasi. Jika memang ingin benar-benar liburan, cobalah menghentikan proyeknya beberapa hari sebelum liburan usai agar anda juga bisa berlibur.

Alternatif berlibur di dalam kota bisa juga dilakukan, sehingga saat anda pulang berlibur sore harinya anda masih ada waktu mengawasi proses renovasi.

5. Bekerja sama

Jika memang tak ingin menggunakan jasa renovasi rumah, anda bisa melakukannya sendiri. Tentu ini akan menghabiskan waktu cukup lama. Mengapa anda tidak mengerahkan seluruh anggota keluarga untuk membantu anda. Keakraban antar keluarga akan lebih terjalin. Tapi hasilnya mungkin saja tidak akan sebaik jika anda menyewa tenaga proesional untuk merenovasi hunian anda.

6. Pergi dari rumah sementara

Selagi hunian anda direnovasi, tak ada salahnya menginap di hotel beberapa malam untuk meredakan stress. Melihat rumah anda yang berantakan tentu akan menimbulkan rasa stress berkepanjangan. Terlebih anda lelah setelah bekerja dan butuh istirahat, ini bisa menjadi pemicu stress. Menginaplah di hotel beberapa malam.

7. Tetap pada rutinitas

Mengapa proses renovasi menyebalkan? Karena proses renovasi bisa mengganggu jadwal harian anda. Untuk itu, sebaiknya anda tetap berada pada rutinitas anda dan usahakan tidak ada yang berbeda. Ini akan membuat anda tetap bangun dan beraktivitas pada jam yang sama. Siklus tubuh juga tidak akan terganggu. Komunikasikan jam kerja jasa renovasi rumah anda agar tidak mengganggu jadwal anda.

 

module = detartikel