Bagaimana cara berkonsultasi dengan arsitek? Simak tipsnya berikut ini!

Seorang arsitek memiliki style , pendekatan desain, dan metode sendiri. Penting buat anda untuk menemukan seorang arsitek yang mengerti style dan kebutuhan Anda. Jika Anda sudah nyaman dengan sang arsitek, tidak menutup kemungkinan anda akan menggunakan jasa arsitek tersebut untuk pekerjaan yang lain. 

Bagaimana cara berkonsultasi dengan arsitek? kami memberikan informasi 6 Tips Cara berkonsultasi dengan arsitek :

1. Lakukan riset

Ketika anda datang kepada arsitek, sebaiknya anda sudah memiliki rumah seperti apa yang anda inginkan, karena pengalaman kami hasil desain dari arsitek akan kurang memuaskan jika klien belum memahami keinginannya sendiri.

Oleh karena itu lakukan riset sederhana seperti model bangunan, interior ruangan atau mimpi anda mengenai rumah anda. Anda bisa bertanya pada diri anda rumah senyaman apa yang ingin anda bangun nanti.

2. Bersikap Terbuka

Agar keinginan anda bisa di pahami oleh arsitek anda bisa menceritakan secara detail bagaimana model bangunan, isi ruang dan aktifitas anda dalam rumah, apa yang anda sukai dan tidak anda sukai mengenai rumah anda bisa berupa bentuk warna bahan dan lain-lain. 

3. Ketahui Anggaran Anda

Anda harus memahami bahwa anggaran yang anda miliki mempengaruhi desain rumah anda, ruah yang bagus memerlukan material yang bagus pula . Untuk itu komunikasikan kepada arsitek mengenai anggaran yang anda miliki dan tanyakan kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapat. Jika anggaran terlalu besar mungkin anda bisa mengambil opsi pembangunan bertahap.

4. Jangan sungkan bertanya

Minta saran dan pendapat dari arsitek mengenai rumah anda jika ternyata anda memiliki ide baru.  Anda pasti mendapatkan masukan yang berharga di banding anda hanya diam dan memikirkannya sendiri. 

5. Jangan plin-plan

Ketika sudah memutuskan sebuah desain, sebaiknya jangan terlalu banyak melakukan revisi di kemudian hari karena akan berdampak pada meningkatnya anggaran konstruksi anda. Jika revisi masih dalam tahap desain, segera putuskan dan jangan berlarut-larut, agar bangunan anda segera di realisasikan.

6. Biaya jasa Arsitek

Umumnya biaya jasa arsitek sangat variatif tergantung dari pengalaman masing-masing arsitek. Semakin tinggi pengalaman arsitek maka semakin tinggi tarif yang di kenakan.  Tanyakan dengan jelas apa saja yang akan anda dapatkan jika anda menggunakan jasa arsitek tersebut.

Pengalaman kami rumah yang di desain oleh arsitek memilik rencana pembangunan yang lebih matang di bandingkan rumah yang di desain ala kadarnya.  Kesan bahwa menggunakan arsitek itu mahal akan bisa terbantahkan jika anda memperhatikan rumah-rumah yang di bangun tanpa campur tangan arsitek.

Karena setiap ruang atau bagian bangunan yang keliru itu membutuhkan biaya besar untuk memperbaikinya, sedangkan tarif arsitek  akan menjadi murah kelihatan jika kesalahan itu sudah terjadi.