5 Tips Menciptakan Ruang Baca yang Nyaman di Rumah

Buku adalah jendela dunia. Ungkapan itu cukup melegenda dan kenyataannya masih terbukti sampai sekarang. Membaca buku adalah suatu aktivitas yang menyenangkan. Selain mendapatkan hiburan dan mengisi waktu luang, membaca buku akan menambah pengetahuan anda. Membaca buku adalah aktivitas yang tidak membutuhkan keahlian khusus kecuali dapat membaca. Anda dapat membaca buku dimanapun anda berada. Namun senyaman-nyamannya tempat, tak ada yang lebih nyaman dari rumah sendiri. Membaca buku di rumah dan membuat ruang baca yang nyaman di rumah tidaklah harus repot. Berikut Rumaharsitek.id merangkumnya untuk anda.

1. Jadikan Ruang Baca sebagai Ruangan Ternyaman dalam Rumah

Pertama-tama, sebelum membuat ruang baca yang nyaman di rumah untuk anda, pilihlah ruang baca yang nyaman atau space ternyaman pada rumah anda. Membaca tidak memerlukan space ruang yang terlalu lebar dan luas, ruang sekecil apapun tetap bisa anda gunakan selagi ruang tersebut nyaman bagi anda. Jika anda lebih menyukai membaca sambil duduk bersila, anda dapat menempatkan karpet bulu yang hangat dan empuk yang akan membuat anda nyaman duduk berlama-lama sambil menikmati buku bacaan anda. Anda juga dapat menambahkan bantalan duduk berupa spon atau bantal khusus supaya anda tidak mendapatkan masalah kesehatan karena terlalu nyaman duduk berlama-lama.

Walaupun tidak dianjurkan, sediakanlah bantal kecil yang nyaman untuk sesekali anda berbaring atau jika anda ingin membaca dengan posisi tengkurap. Anda juga dapat memilih kursi statis yang nyaman seperti bean bag atau sofa empuk.

2.  Ciptakan Suasana Nyaman Melalui Suara

Beberapa pembaca buku merasa tidak masalah jika harus melakukan aktivitas membaca buku di keramaian atau di tempat yang banyak sekali suara sekalipun. Jika anda menjadi rileks dengan suara gemercik air atau alunan musik yang slow dan menenangkan. Anda juga dapat menambahkan aquarium kecil lengkap dengan pompa air dan ikan di dalamnya sebagai teman anda membaca. Jika anda merasa lebih rileks membaca sambil mendengarkan musik, anda juga dapat menempatkan perangkat sound system minimalis di ruang membaca anda atau cukup dengan menggunakan headphone selama membaca.

3. Perhatikan Sirkulasi Udara yang Lancar

Anda tentu tidak ingin membaca dalam ruangan pengap dan lembab. Pemasangan AC (Air Conditioner) atau kipas angin bisa anda jadikan solusi untuk menghindari hal tersebut. Namun alangkah baiknya jika anda memilih ruangan dengan jendela pada ruang membaca anda supaya udara sejuk dan sinar matahari dapat masuk untuk tetap menjaga kelembapan ruangan. Hal ini juga sangat berguna untuk menghindari jamur dan udara lembab yang dapat merusak buku buku kesayangan anda.

4.  Pencahayaan yang Cukup

Membaca pada ruang yang gelap dengan pencahayaan minim akan membuat anda kurang nyaman hingga mata anda akan cenderung terasa cepat lelah. Menggunakan lampu gantung dengan teknik pencahayaan downlight bagus untuk anda gunakan. Selain itu, tambahkan fitur dimmer pada set lampu, sehingga anda dapat mengatur sendiri pencahayaan yang cocok dan nyaman untuk membaca. Sediakan pula lampu portabel seperti stand lamp dengan fitur dimmer dan lengan lampu yang fleksibel, sehingga bagaimanapun posisi anda membaca anda tetap akan mendapatkan pencahayaan yang nyaman dan tentunya menjadi ruang baca yang nyaman di rumah anda.

5. Tentukan Model Rak Buku

Akan sangat merepotkan jika ruang membaca dan tempat penyimpanan buku anda berada pada ruang yang terpisah. Jadi, sediakan pula tempat penyimpanan buku di ruang membaca pribadi anda. Menggantung rak buku atau meletakan rak buku pada satu sisi dinding ruang membaca dapat bertujuan untuk menjaga ruangan tidak tampak penuh dan sesak.

Dengan menerapkan kelima tips di atas, anda bisa membuat ruang baca yang nyaman di rumah. Ruang baca anda akan semakin nyaman, indah dan rapi jika mengandalkan jasa desain interior ruangan yang disediakan oleh Rumaharsitek.id


Salam,

 

 

RumahArsitek