3 Tips Mengubah Desain Interior Rumah Anda dengan Budget Minim

Banyak orang di luar sana menganggap bahwa rumah hanyalah tempat untuk berteduh dan mengistirahatkan tubuh serta pikiran ketika lelah. Tak jarang, hal ini membuat banyak orang yang enggan dan jarang memperdulikan desain interior rumah mereka sendiri asalkan fungsi utamanya sudah terpenuhi, yaitu melindungi dari panas terik matahari dan dingin air hujan. Padahal, desain interior dalam rumah juga menjadi faktor penting untuk tetap membuat anda nyaman dan betah menghabiskan banyak waktu di rumah. Stereotipe bahwa menyewa jasa desain interior membutuhkan biaya mahal masih melekat di masyarakat. Tahukah anda, hanya dengan budget yang cenderung minim, anda bisa tetap mendesain interior rumah anda, berikut tipsnya:

  1. Mix and Match Warna dan Pola Ruangan

Tentunya anda akan merasa cepat bosan dan kurang bersemangat jika warna dan pola ruangan terlalu polos dan biasa. Misalnya, tembok ruangan berwarna putih, lalu furniture yang ada di dalam ruangan tersebut berwarna acak seperti coklat, hitam atau bahkan merah muda yang mungkin penempatannya hanya ditempatkan di sudut-sudut ruangan atau bahkan berkumpul di tengah sehingga menciptakan kesan sempit dan tidak rapi. Alhasil, perpaduan warna dan pola dari furniture dengan tembok ruangan akan menjadi kurang enak dilihat. Untuk mengakalinya, walaupun hanya menggunakan budget yang minim, anda bisa memberikan sentuhan desain interior dengan teknik mix and match warna dan pola.

Mix and match warna dan pola ruangan ini bisa anda lakukan dengan menggabungkan dua atau tiga warna yang cocok satu sama lain dan tidak terlalu kontras agar pengelihatan tidak cepat lelah ketika memandangi isi ruangan. Contohnya, anda bisa menggabungkan warna putih sebagai warna tembok ruangan anda dengan memilih furniture yang memiliki warna abu-abu. Tak cukup puas jika hanya dengan meja, kursi dan pintu yang berwarna abu-abu, anda juga bisa menambahkan beberapa bingkai lukisan berwarna sama. Hasil yang didapatkan kurang lebih adalah seperti gambar di bawah ini.

 

  1. Minimalkan Budget dengan Barang-barang Hasil Karya Sendiri

Jika anda enggan mengeluarkan budget untuk membeli furniture lebih agar menciptakan suasana yang mix and match antara warna dan polanya, anda bisa mengumpulkan barang-barang hasil karya anda sendiri. Tak perlu barang besar atau furniture berat seperti meja, kursi dan cabinet sendiri yang memang agak sulit jika membuatnya sendirian. Cukup dengan memasang hasil lukisan anda sendiri, tempat tisu buatan tangan sendiri, asbak buatan sendiri hingga keset buatan sendiri. Walaupun barang-barang di atas termasuk barang-barang kecil yang terkadang tidak disadari keberadaannya, namun mereka memiliki fungsi yang tak kalah penting sebagai perabotan rumah anda.

  1. Timbulkan Kesan Mewah pada Rumah dengan Aksen Tirai

Pemasangan tirai tak melulu harus dipasang di dekat jendela. Tirai sendiri bisa menjadi senjata ampuh untuk menimbulkan kesan mewah pada rumah sederhana anda. Mungkin desain eksterior boleh terlihat biasa saja, namun anda bisa mengejutkan para tamu yang kemudian memasuki rumah anda dengan menggunakan aksen tirai.

Penggunaan aksen tirai yang bertujuan untuk memberikan kesan mewah pada rumah anda bisa anda pasang di jendela-jendela rumah anda. Tentu saja dengan mempertimbangkan mix and match dengan warna tembok rumah anda agar tidak terlalu kontras dan melelahkan mata. Misalnya, jika tembok anda berwarna peach atau merah muda, anda bisa menempatkan tirai berwarna merah maroon di jendela atau batas ruang tamu anda dengan ruang keluarga.

Ketiga tips di atas adalah rangkuman singkat tentang desain interior yang bisa anda terapkan pada rumah anda tanpa memikirkan budget yang membengkak. Jika anda kurang bisa memilih dan menentukan desain interior rumah anda seperti pola, mix and match warna dan penempatan perabotan serta furniture, anda bisa berkonsultasi dengan Rumaharsitek.id.

module = detartikel