Jurus Renovasi Rumah Minim Biaya

Memiliki rumah pribadi adalah sebuah prestise tersendiri. Oleh karena itu, sudah sepatutnya rumah dirawat dengan baik agar fungsi nyaman dan aman tetap terjaga.

Saat kondisi atap tidak layak lagi ditambah adanya dinding retak di beberapa ruang, ini menandakan sudah waktunya merenovasi rumah.

Tak melulu soal kerusakan, renovasi juga dilakukan sebagian orang yang ingin memperluas rumah atau menambah jumlah kamar tidur.

Berbicara tentang renovasi tentu berkaitan erat dengan biaya besar. Faktor inilah yang umumnya menjadi kendala sebagian orang.

Namun sebenarnya ada banyak cara mudah untuk melakukan renovasi rumah dengan biaya minimal. Apa saja kiatnya?

Manfaatkan Struktur Lama

Usahakan menggunakan struktur bangunan yang sudah ada seperti kolom, balok, dan pondasi, sehingga tidak perlu membuat baru lagi. Pembuatan struktur baru akan memakan biaya dan waktu terutama bila memakai beton.

Akan tetapi jika terpaksa harus merancang struktur baru, maka disarankan untuk menggunakan material baja yang proses pembuatannya cukup singkat, sehingga ongkos tukang juga akan lebih hemat.

Berbeda dengan beton yang biasanya memakan waktu sekitar 21 hari hingga kondisinya kering sempurna dan bekistingnya bisa dibuka. Tapi sayangnya, material baja di pasaran relatif mahal.

Sumber: Liputan6.com